Search

Akses Tak Merata, 11 Persen Wilayah di Indonesia Kesulitan Sinyal

Liputan6.com, Jakarta - Program Merdeka Sinyal yang dicanangkan Badan Aksesibilitas Telekomunikasi Indonesia (BAKTI) tampaknya memiliki sejumlah tantangan. Salah satunya adalah akses telekomunikasi yang masih belum merata di nusantara.

Terbukti, saat ini masih ada sekitar 11 persen wilayah di Indonesia yang belum tersentuh sinyal. Wilayah blank spot tersebut, berlokasi di 5.300 desa yang ada di seluruh Indonesia, sedangkan 3.500 di antaranya ada di Papua.

Agar dapat menggeber pemerataan akses telekomunikasi ini, Direktur Utama BAKTI Anang Latief, mengakui butuh dana yang lebih banyak dari yang sekarang ini, di mana ada dari dana USO yang disetor oleh operator.

"Saat ini operator mempunyai kewajiban untuk menyetor dana USO sebesar 1,25 persen dari total revenue. Sulit mewujudkan kalau cuma 1,25 persen untuk membangun infrastruktur di 5000 desa lebih," ujar Anang pada diskusi akhir tahun yang digelar SelularID di Jakarta, Kamis (27/12/2018).

Karenanya, lanjut Anang, BAKTI kini tengah mencari solusi bagaimana pembiayaan ini bisa bertambah tanpa membebani operator mengingat saat ini kondisi operator tengah tergerus pemasukannya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3858282/akses-tak-merata-11-persen-wilayah-di-indonesia-kesulitan-sinyal

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Akses Tak Merata, 11 Persen Wilayah di Indonesia Kesulitan Sinyal"

Post a Comment

Powered by Blogger.