Search

Ibu Rumah Tangga Sukses Berbisnis Online Lewat Sabuk Bonceng Anak

Liputan6.com, Sleman - Seiring berkembangnya bisnis online, semua orang dari berbagai kalangan dengan bermacam latar belakang kini bisa turut serta berjualan.

Salah satunya adalah Ressy Chandra Puspita, seorang ibu rumah tangga yang akhirnya memutuskan serius berbisnis online setelah melihat potensi besar di platform e-Commerce Bukalapak.

Bisnis online Ressy bermula dari solusi atas masalahnya, yaitu mendapatkan gendongan yang nyaman untuk membonceng buah hatinya di sepeda motor.

Berkaca dari pengalamannya itu, serta besarnya risiko keselamatan, Ressy akhirnya melakukan serangkaian penilitian terkait desain dan bahan yang cocok, nyaman dan aman.

Ia ingin produknya tersebut juga dapat membantu para orangtua lain, yang mengalami masalah serupa.

Perempuan yang akrab disapa tante Ressy ini mengawali bisnis online dengan berjualan produk gendongan bayi model kangguru pada awal 2010.

Ia pun terus berinovasi, hingga akhirnya hadir sabuk bonceng anak dengan merek Zatra. Merek ini merupakan perpaduan nama kedua anaknya, Zhafira dan Saputra. Namun di Bukalapak, nama tokonya adalah babyshopline.

Sabuk bonceng ini memudahkan orangtua menggendong anaknya di depan saat sedang mengedarai sepeda motor. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan topi untuk melindungi kepala anak dari panas dan hujan.

Ressy mulai memasarkan produknya dengan lebih serius secara online pada awal 2013 melalui Facebook dan situs web yang dibuatnya sendiri.

Namun, penjualan di kedua platform tersebut dinilai kurang efektif, hingga akhirnya mencoba Bukalapak setelah mendapatkan informasi tentang situs jual beli online itu dari kenalannya.

"Saya kenal Bukalapak itu dari 2014, lalu buka akun dan baru mulai berjualan pada Mei 2015. Hasilnya bagus karena satu bulan setelahnya saya dapat banyak order sampai seratusan," ungkap Ressy saat ditemui di toko offline miliknya di daerah Depok, Sleman, Yogyakarta, Rabu (29/8/2018).

Sabuk bonceng Zatra kian populer di berbagai wilayah di Indonesia. Pesanan untuk Zatra dari yang awalnya hanya lima hingga 10 produk pada 2013, kini mencapai 1.200 per bulan.

Namun pada periode tertentu, terutama musim ajaran baru, pesanan bisa mencapai 2.000 unit.

"Mei-Juli kemarin pesanan kita sampai dua ribu pieces, bertepatan dengan tahun ajaran baru. Mungkin mereka ingin pakai untuk mengendong anak kecilnya ketika mengantar kakaknya ke sekolah," tuturnya.

Sabuk bonceng Zatra ini memiliki beberapa model, yaitu Standar, XL, Titah, Sling Wrap dan Baby Wrap. Kisaran harga jual kelima produk Zatra ini mulai dari Rp 120 ribu-Rp 210 ribu.

Model yang paling laku adalah Standar yang dibanderol Rp 120 ribu per produk, dengan bisa mencapai 1.000 pesanan setiap bulan. Ressy mengklaim model Standar bisa menggendong anak dengan berat maksimal 45 kilogram.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3631974/ibu-rumah-tangga-sukses-berbisnis-online-lewat-sabuk-bonceng-anak

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ibu Rumah Tangga Sukses Berbisnis Online Lewat Sabuk Bonceng Anak"

Post a Comment

Powered by Blogger.