Search

WhatsApp Business untuk iOS Dirilis Secara Global

Terlepas dari peluncuran WhatsApp Business, menjelang Pemilihan Umum (pemilu), banyak misinformasi atau berita menyesatkan seperti hoaks atau berita palsu di layanan pesan instan, terutama WhatApp. Untuk meminimalisir hal tersebut, WhatsApp dan pemeriksa fakta pihak ketiga, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (Mafindo), meluncurkan saluran telepon yang dapat digunakan masyarakat untuk melaporkan misinformasi.

Laporan ini akan membantu membangun arsip data Mafindo tentang penyebaran misinformasi selama periode Pemilu dan juga jurnalis, sehingga mereka dapat mempublikasikan informasi faktual.

Masyarakat dapat mengirimkan teks, foto, video, atau audio yang memiliki potensi misinformasi kepada Mafindo di nomor +62 855-7467-6701. Pesan-pesan ini akan dilindungi oleh enkripsi end-to-end dan tidak dapat terlihat oleh WhatsApp.

"Kami meminta seluruh pengguna WhatsApp untuk melaporkan hoaks ke nomor +62 855-7467-6701, sehingga kami dapat melakukan verifikasi dan menambahkannya ke arsip pendataan kami," tuturnya melalui keterangan resmi yang diterima Tekno Liputan6.com, Kamis (4/4/2019).

WhatsApp juga mengumumkan kemitraannya dengan ICT Watch untuk mendukung edukasi tentang misinformasi melalui program pelatihan Literasi Digital di 10 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) di Jakarta. Selain itu, juga bekerja sama dengan komunitas kreatif untuk mengembangkan stiker-stiker unik yang menyuarakan tentang misinformasi di WhatsApp.

"Kami mendorong para pengguna untuk berpartisipasi dalam upaya menanggulangi hoaks, baik sebelum maupun sesudah Pemilu. Hal ini dibangun atas komitmen WhatsApp, termasuk upaya kami mengurangi jumlah pesan yang dapat diteruskan hingga maksimal lima kali, yang ternyata dapat mengurangi 25 persen distribusi pesan terusan di WhatsApp," jelas pihak WhatsApp dalam keterangan resmi.

(Din/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Beredar pesan siar palsu berisi link penawaran kupon makan gratis di salah satu restoran. Ternyata link tersebut merupakan awal ancaman phising.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3934197/whatsapp-business-untuk-ios-dirilis-secara-global

Bagikan Berita Ini

0 Response to "WhatsApp Business untuk iOS Dirilis Secara Global"

Post a Comment

Powered by Blogger.