Search

Tarif Layanan Jaringan Serat Optik Palapa Ring Barat Akhirnya Terungkap

Dirut BAKTI, Anang Latif, pada awal bulan ini mengatakan sudah ada delapan operator yang tertarik untuk menggelar jaringan di Palapa Ring Barat, termasuk layanan seluler.

Namun, kala itu yang sudah bisa dipastikan adalah Telkomsel dan Telkom.

Untuk sistem pembayarannya sendiri, BAKTI menunjuk badan usaha terpilih untuk mengurus hal ini, termasuk soal pemasarannya. 

"Dalam konteks marketing dan mengumpulkan pemasukan dari setiap operator, kami bekerja sama dengan badan usaha terpilih. Nanti kami akan bagi hasil, BAKTI tetap memiliki porsi paling besar, tapi memang ada fee marketing untuk mereka," tutur Anang.

Sebagai proyek infrastruktur telekomunikasi berupa pembangunan serat optik di seluruh Indonesia, Palapa Ring terdiri dari tujuh lingkar kecil serat optik (untuk wilayah Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara, Papua, Sulawesi, dan Maluku) dan satu backhaul untuk menghubungkan semuanya

Adapun pita Lebar atau bandwidth adalah nilai konsumsi transfer data yang dihitung dalam bitldetik atau yang biasanya disebut dengan bit per second (bps), dalam waktu tertentu.

Sementara dark fibre adalah kabel serat optik pasif, dipakai untuk merujuk pada core fiber optik single mode yang sudah terpasang, tetapi ujung-ujungnya belum terhubung ke perangkat apapun.

(Din/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengungkapkan aplikasi Tik Tok telah dibuka blokirnya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3654690/tarif-layanan-jaringan-serat-optik-palapa-ring-barat-akhirnya-terungkap

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tarif Layanan Jaringan Serat Optik Palapa Ring Barat Akhirnya Terungkap"

Post a Comment

Powered by Blogger.