Search

Jaringan XL di Lombok Berangsur Normal

Meski gempa terasa di sebagian besar Pulau Lombok hingga Bali dan Sumbawa, Yessie menuturkan gangguan jaringan yang terjadi terutama di Lombok Utara. Karenanya untuk wilayah Lombok lain, layanan XL Axiata tetap bisa beroperasi dengan baik.

Hal itu ditunjukkan dengan kiriman foto dan video mengenai kerusakan dan kondisi pasca-gempa dari pelanggan XL Axiata di daerah yang terkena bencana. Menurut Yessie, beberapa based transceiver station (BTS) memang sempat padam sesaat setelah gempa, tapi ini terjadi karenanya terputusnya aliran listrik.

"BTS-BTS tersebut segera bisa kembali beroperasi setelah mendapatkan pasokan listrik dari genset yang disiapkan. Antisipasi pengerahan genset secara ekstra memang sudah dilakukan sejak terjadinya gempa di wilayah yang sama pekan lalu," tuturnya.

Lebih lanjut, dia menuturkan, tim XL Axiata di lapangan juga masih bersiaga sejak saat itu untuk mengantisipasi gempa susulan. Selain genset, tim teknis juga menyiapkan opsi lain, seperti redirect coverage dan kemungkinan mengerahkan mobile BTS ke lokasi paling membutuhkan.

Sementara untuk saat ini, jaringan XL Axiata di Lombok utara berangsur normal kembali, termasuk di area Tanjung yang menjadi pusat pemerintahan Kabupaten Lombok Utara. Oleh sebab itu, pelanggan sudah dapat memperoleh kembali akses telekomunikasi dan data, mengingat aliran listrik sudah kembali menyala.

Di wilayah Lombok Utara, XL Axiata memiliki lebih dari 120 BTS, dengan 82 di antaranya adalah BTS 3G dan 4G LTE. Sementara di seluruh provinsi NTB, operator yang identik dengan warna biru ini memiliki total lebih dari 2.900 BTS, dengan 790 BTS di antaranya merupakan 4G LTE.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3611257/jaringan-xl-di-lombok-berangsur-normal

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jaringan XL di Lombok Berangsur Normal"

Post a Comment

Powered by Blogger.