Search

Ini Alasan Observatorium Terbesar se-Asia Tenggara Dibangun di NTT

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin, berencana membangun situs observatorium nasional di Amfoang, Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Lokasi itu dipilih karena masih rendahnya polusi cahaya yang dihasilkan.

"Cahaya lampu di perkotaan mengganggu kegelapan langit sehingga masyarakat kota telah kehilangan keindahan langit di malam hari. Namun, masyarakat di Amfoang, terbiasa melihat ratusan miliaran bintang pembentuk galaksi Bima Sakti," kata Thomas, dikutip dari laman Setkab.go.id, Rabu (8/8/2018).

Thomas mengatakan, posisi Amfoang yang berada di belahan Bumi bagian selatan menjadi keunggulan diantara negara lain di dunia. Saat ini, tak banyak observatorium yang mengamati langit selatan.

Beberapa observatorium untuk pengamatan langit selatan terdapat di Afrika Selatan, Amerika Selatan, dan Australia. Thomas berharap, Amfoang akan membuka pengamatan astronomi di Indonesia.

Sementara itu, menurut Staf Ahli Menristekdikti bidang Relevansi dan Produktivitas, Agus Pudji Prasetyono, observatorium itu diharapkan akan mendorong pemanfaatan ilmu pengetahuan, aspek ekonomi, dan aspek sosial.

Agus juga berharap, Pemerintah Provinsi NTT dapat menyiapkan program studi yang relevan dengna pengelolaan observatorium.

"Kemenristekdikti akan terus mendorong sekuat tenaga agar pembangunan observatorium ini berjalan sesuai rencana," ujar Agus.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3613478/ini-alasan-observatorium-terbesar-se-asia-tenggara-dibangun-di-ntt

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Alasan Observatorium Terbesar se-Asia Tenggara Dibangun di NTT"

Post a Comment

Powered by Blogger.