Jakarta, Selular.ID – Untuk mempopulerkan produk ataupun layanan yang ditawarkan, pemilik brand biasanya memanfaatkan jasa public figure untuk merepresentasikan produk ataupun layanan yang ditawarkannya tersebut sebagai ambassador.
Pemilihan public figure pun disesuaikan dengan karakter dari produk ataupun layanan yang akan direpresentasikannya. Di industry smartphone, penggunaan ambassador ini pun lazim dilakukan oleh beberapa perusahaan.
Oppo dan Vivo menjadi dua vendor smartphone yang getol memanfaatkan jasa public figure untuk menjadi ambassador produknya. Nama-nama seperti Raisa, Isyana Sarasvati, Reza Rahardian, Agnes Monica menjadi sederet selebriti yang didapuk mewakili beberapa smartphone yang beredar di Indonesia.
Oppo bahkan membuat edisi khusus smartphone untuk Raisa. Dibuatkannya edisi khusus ini diyakini Karena Oppo dan Raisa sebagai ambassador-nya memiliki kesamaan dalam hal mengejar nilai kesempurnaan sehingga perangkat diterima konsumen tidak akan mengalami banyak masalah.
Raisa memiliki keberanian yang mengarah ke kesempurnaan dalam setiap penampilannya. Begitu juga, Oppo, kata Alinna Wenxin, Brand Manager Oppo Indonesia.
Di pasar smartphone Indonesia, prestasi Oppo sangat fenomenal. Vendor asal Tiongkok ini mampu terus memperbesar pangsa pasarnya di Indonesia dan terus mengejar Samsung sebagai pemimpin pasar. Dari yang sebelumnya di Q4 2015 meraih 21% pangsa pasar, di kuartal awal tahun 2016, Oppo sukses menambah raihannya menjadi 23%. Bahkan jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun lalu (year in year), kinerja Oppo menunjukkan peningkatan sebesar 187%.
Strategi Oppo yang fokus pada produk Camera Phone dinilai sukses menarik minat pasar. Juga tidak lepas dari strategi lainnya. Seperti memberikan intensif kepada penjual smartphone, agresifnya promosi Oppo juga dibarengi dengan strategi pemanfaatan brand ambassador. Tercatat Oppo beberapa kali menunjuk artis Indonesia yang sedang naik daun untuk menjadi brand ambassador-nya
Setali tiga uang dengan Oppo, strategi pemanfaatan public figure sebagai ambassador juga dilakukan oleh Vivo Mobile Indonesia. Pemanfaatan ambassador oleh Vivo bahkan terbilang massif. Vivo menggunakan ambassador untuk setiap produk smartphone yang dirilisnya. Kami menyebutnya product ambassador Karena setiap produk yang kami rilis ambassadornya berbeda-beda, ungkap Meutia setijono, Senior PR Vivo Mobile Indonesia.
Penggunaan ambassador juga diyakini Meutia mampu memberikan kontribusi yang positif terhadap popularitas produknya. Dalam acara penjualan pertama V5s yang diberina V5s Perfect Day saja misalnya, selama dua hari penjualann Vivo V5s di salah satu pusat penjualan ponsel di Jakarta yakni ITC Roxy Mas terlihat sangat ramai.
Kemeriahan bisa jadi dikarenakan adanya penggemar fanatik dari dua orang selebriti tanah air, yang juga product ambassador Vivo V5S, yakni Prilly Latuconsina. Sebelumnya, di hari pertama penjualan dimeriahkan dengan kedatangan pesinetron Verrell Bramasta.
“Waktu penjualan perdana V5, itu ada sekitar 1.000 unit laku dalam waktu sehari. Sedangkan V5S hari ini sekitar 10.000 unit, untuk Bandung dan Jakarta. Kami amaze dengan pencapaian ini,” ujar Meutia yang didampingi Product Manager Vivo, Kenny Chandra, di ITC Roxy Mas, Minggu 14 Mei 2017.
URL: http://ift.tt/2svUaZY
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Mendulang Popularitas Lewat Ambassador"
Post a Comment