Search

Penghargaan “CEO of The Year” Kembali Jadi Milik Ririek Adriansyah

IMG-20170516-WA0000Jakarta, Selular.ID – Mei 2017 menandai lebih dari dua tahun kehadiran Ririek di panggung industri selular Tanah Air. Seperti kita ketahui RUPS yang di gelar PT Telkom dan SingTel selaku pemegang saham Telkomsel pada akhir 2014, resmi menunjuk Ririek sebagai nahkoda yang baru, menggantikan Alex J. Sinaga yang naik kelas menjadi Dirut PT Telkom.

Seperti halnya Alex yang juga alumnus ITB, Ririek yang asli Yogyakarta, juga meraih gelar Sarjana Teknik Elektro ITB pada 1988. Pengalamannya di industri telekomunikasi tidak perlu diragukan lagi, tetapi memimpin perusahaan sebesar Telkomsel di tengah kondisi industri yang telah saturasi tentu menjadi tantangan yang sungguh berbeda.

Pria kelahiran 2 September 1963, pun dituntut mampu meneruskan pencapaian Alex yang sukses membukukan prestasi fenomenal, yakni tiga tahun berturut-turut membawa Telkomsel tumbuh double digit.

Faktanya, di tangan Ririek, Telkomsel semakin berotot. Sepanjang 2016, operator yang identik dengan warna merah itu  berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 86,72 triliun. Naik 14% dibandingkan 2015 sebesar Rp 76,05 triliun.

Mayoritas pendapatan Telkomsel memang masih didukung basic service (voice dan SMS) yang menghasilkan Rp 56,06 triliun, naik 4,5% dibandingkan periode 2015, Rp 53,65 triliun. Meski demikian pendapatan dari bisnis digital terus meningkat. Yakni meraup Rp 30,65 triliun atau naik 36,9% dibandingkan periode 2015, Rp 22,4 triliun. Kontribusi bisnis digital ke pendapatan di 2016 juga naik menjadi 35,4% dibandingkan 2015 yang 29,5%.

Melonjaknya pendapatan turut melambungkan EBITDA Rp 49,78 triliun atau naik 16,9% dibandingkan periode 2015 sebesar Rp 42,6 triliun. Dengan EBITDA marjin untuk 2016 57,4%.

Kinerja yang apik membuat laba bersih Telkomsel pada 2016 meroket menjadi Rp 28,19 triliun. Terkerek naik 26,1% dibandingkan periode 2015 sebesar Rp 22,36 triliun.

Jika melihat kinerja dari sisi pendapatan, EBITDA, dan laba bersih, maka selama lima tahun berturut-turut penguasa selular ini meraih pertumbuhan triple double-digit growth.

Artinya, seperti halnya Alex Sinaga, Ririek mampu menjawab tantangan pemegang saham yang menginginkan Telkomsel mampu menjaga mesin pertumbuhan hingga double digit.

Bagaimana dengan jumlah pelanggan? Di akhir 2016, Telkomsel tercatat meraih 173.920 juta pelanggan. Naik 13,9% dibandingkan periode 2015 sebesar 152.641 juta pelanggan. Telkomsel juga terus membangun 25,744 BTS baru. Sehingga akhir Desember 2016 memiliki 129.033 BTS. Sebanyak 78,689 unit diantaranya adalah BTS 3G/4G.

Untuk mempertahankan posisi, Ririek menegaskan bahwa inovasi produk, layanan dan jaringan serta teknologi untuk menghadirkan pengalaman mobile digital lifestyle akan terus dikedepankan Telkomsel pada 2017. Upaya ini sejalan dengan visi Telkomsel untuk tetap fokus dalam membangun ekosistem digital di Indonesia.

Dengan pencapaian yang fenomenal tersebut, tak heran jika Ririek Adriansyah kembali meraih penghargaan bergengsi “CEO of The Year”, dalam ajang Selular Award 2017, yang digelar Selular Media Group di Balai Kartini, Jakarta (15/5/2017).

URL: http://ift.tt/2qLnzCF

Let's block ads! (Why?)



Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penghargaan “CEO of The Year” Kembali Jadi Milik Ririek Adriansyah"

Post a Comment

Powered by Blogger.