Search

Telkomsel Terus Perluas Jangkauan Jaringan 4G di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Telkomsel terus meningkatkan cakupan jaringannya di berbagai wilayah Indonesia, terutama 4G. Hingga saat ini, jaringan 4G Telkomsel sudah menjangkau lebih dari 90 persen wilayah Indonesia, atau tepatnya 95 persen.

Seiring dengan pengembangan jaringan 4G, Telkomsel mulai mengurangi 3G. Hal ini karena secara kualitas, 4G jauh lebih baik.

"Cakupan 4G sekarang sudah 90 persen lebih, dan untuk di Jakarta saja sudah 97 persen. Kami sudah mulai mengurangi 3G, karena dengan 4G juga sudah cukup," tutur VP Network Operation Quality Management Telkomsel Jabotabek Jabar, Awal R Chalik, di sela-sela konferensi pers drive test jaringan 4G di Karawang, Jawa Barat, Jumat (20/12/2019).

Wilayah yang belum dijangkau 4G, kata Awal, berada di lokasi yang susah dijangkau transportasi. Namun, jaringan serat optik Palapa Ring yang telah dibangun oleh pemerintah, diharapkan bisa membantu Telkomsel menggelar jaringan 4G di wilayah yang belum dijangkau.

"Yang belum itu yang jauh, dan transportasinya susah. Kalau di Jawa sudah bisa semua karena kami pakai kabel optik, di luar itu masih pakai radio, bahkan masih banyak yang pakai satelit. Nah, itu tidak bisa untuk 4G kalau pakai satelit," jelas Awal.

"Sekarang pemerintah sudah ada Palapa Ring, itu yang nanti kami pakai. Lebih cepat lebih baik," sambungnya.

2 dari 2 halaman

209 Ribu Unit BTS di Seluruh Indonesia

BTS Telkomsel di desa-desa yang sulit sinyal (Sumber: Dok Telkomsel)

Hingga saat ini, Telkomsel telah menggelar lebih dari 209.000 unit BTS di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar) dan kawasan perbatasan. Dari jumlah tersebut, lebih dari 77.000 di antaranya merupakan BTS 4G.

Untuk mengakselerasikan jangkauan serta kualitas jaringan 4G di Indonesia, Telkomsel mengimplementasikan teknologi 4G di seluruh BTS yang menggunakan frekuensi 900Mhz. Telkomsel saat ini memiliki 170 juta pelanggan dengan 120 juta di antaranya adalah pengguna data.

(Din/Ysl)

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/4138994/telkomsel-terus-perluas-jangkauan-jaringan-4g-di-indonesia

Bagikan Berita Ini

1 Response to "Telkomsel Terus Perluas Jangkauan Jaringan 4G di Indonesia"

  1. DEWAPK^^ agen judi terpercaya, ayo segera bergabungan dengan kami
    dicoba keberuntungan kalian bersama kami dengan memenangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi segera buka link kami ya :)

    ReplyDelete

Powered by Blogger.