Search

Cegah Kejahatan, Grab Terapkan Verifikasi Wajah Pengguna Lewat Selfie

Liputan6.com, Jakarta - Everyday superapp Grab belum lama ini mempertegas komitmennya terhadap keamanan pengguna di Indonesia.

Startup yang telah jadi decacorn ini meluncurkan dua inovasi keamanan baruya yakni VoIP dan verifikasi wajah penumpang lewat selfie.

Mengutip keterangan resmi Grab yang diterima Tekno Liputan6.com, Selasa (23/4/2019), hal ini dimaksudkan untuk mencapai nol insiden pada jumlah kecelakaan yang dapat dicegah dan menciptakan keseharian yang lebih aman.

Teknologi VoiP atau panggilan gratis merupakan kelanjutan dari teknologi penyamaran nomor telepon milik Grab.

Tujuannya adalah memberikan kemudahan bagi pengguna untuk melakukan panggilan antar aplikasi tanpa biaya tambahan bagi pengemudi atau mitra. Teknologi ini juga menjaga privasi dan keamanan keduanya.

Kemudian, verifikasi wajah penumpang merupakan teknologi pengenalan wajah saat pertama kali menggunakan aplikasi lewat selfie secara langsung.

Inovasi ini meningkatkan perlindungan dari kejahatan pada mitra pengemudi serta berfungsi sebagai pencegahan kejahatan.

Sejak kedua fitur ini diperkenalkan awal tahun, tren kriminal yang melibatkan pengguna platform (mitra dan penumpang) bisa menurun 45 persen.

Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan, "Grab tidak pernah berkompromi tentang keamanan dan keselamatan."

Dia mengatakan, keamanan telah menjadi dasar saat Grab didirikan 7 tahun lalu. "Ini adalah masalah pertama yang ingin kami pecahkan dalam keamanan transportasi," ucap Neneng.

Sebelumnya, Grab juga telah memiliki inovasi keamanan dalam bentuk fitur Bagikan Tujuan (share my ride), Tombol Darurat (SOS Button), hingga penyamaran nomor pribadi.

"Kami mendorong keamanan dengan memperkenalkan fitur VoIP dan verifikasi wajah penumpang untuk menciptakan platform yang aman bagi semua masyarakat Indonesia," katanya.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3948109/cegah-kejahatan-grab-terapkan-verifikasi-wajah-pengguna-lewat-selfie

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cegah Kejahatan, Grab Terapkan Verifikasi Wajah Pengguna Lewat Selfie"

Post a Comment

Powered by Blogger.