Search

Sejumlah Aplikasi Keuangan Curi Data Kartu Kredit dari Pengguna Android

Banyak cara dilakukan untuk mendapatkan keuntungan dengan menjebak korbannya.

Kali ini--di India--sekelompok penipu menggunakan email phishing yang menarget pengguna Apple untuk masuk ke situs Apple palsu.

Serangan phishing ini dilengkapi dengan sistem kotak dialog yang menawarkan panggilan bantuan telepon ke CS Apple Care.

Dengan masuk ke web palsu tersebut, pengguna Apple masuk jebakan phishing dan membuat perangkat mereka terkunci. Kondisi ini kemudian membuat pengguna terpaksa mengeklik bantuan telepon untuk menyelesaikan masalah.

Tentunya, para penjahat siber menginginkan uang. Makin banyak orang yang mengakses internet melalui smartphone, serangan phishing dan penipuan pun makin mengincar pengguna smartphone. Pengguna perangkat mobile pun kian jadi sasaran empuk bagi penipu.

Peneliti keamanan dari perusahaan penyedia keamanan perangkat mobile Lookout, Jeremy Richard, mengatakan banyak orang yang tidak fokus saat menggunakan perangkat seluler mereka. Para pengguna seluler jadi lebih mudah percaya apa yang dilihat di layarnya.

"Akibatnya, serangan phishing terhadap perangkat seluler punya kemungkinan lebih tinggi untuk berhasil," kata Richard sebagaimana dikutip  dari Arstechnica. 

Phishing yang menyerang pengguna Apple ini mulanya ditargetkan ke alamat email yang terhubung dengan iCloud milik Apple. Si penjahat kemungkinan berupaya menipu pengguna iPhone untuk mengizinkan penyerang menyusup lewat link phishing  yang dikirimkan melalui email.

(Tin/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Meski mudah dan terjamin keamanannya, kita harus tetap berhati-hati bertransaksi lewat Internet banking karena munculnya beragam model cybercrime. Salah satu model cybercrime yang patut diwaspadai adalah phishing.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3648515/sejumlah-aplikasi-keuangan-curi-data-kartu-kredit-dari-pengguna-android

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sejumlah Aplikasi Keuangan Curi Data Kartu Kredit dari Pengguna Android"

Post a Comment

Powered by Blogger.