Search

SITI, Aplikasi Buatan Pengembang Lokal untuk Solusi Smart Retail

Liputan6.com, Jakarta - Tim pengembang lokal asal Jakarta, Smart Donkey, menciptakan sebuah aplikasi bernama SITI (Smart Retail for a Smarter Company) dengan memanfaatkan teknologi AI (Artificial Intelligence/kecerdasan buatan) sebagai solusi bagi perusahaan retail untuk menggantikan kartu loyalti pelanggan.

Untuk diketahui, selama ini konsumen mempunyai bermacam-macam kartu pelanggan, baik itu dari restoran, pusat perbelanjaan, toko retail maupun pusat hiburan atau pusat kebugaran.

Untuk memudahkan konsumen, hanya dengan memindai wajah, informasi loyalti dan point rewards termasuk transaksi pembayaran bisa dilakukan lewat aplikasi SITI.

"SITI merupakan evolusi dari teknologi yang bisa diadaptasi di retail dengan memanfaatkan AI. SITI bisa mengakomodir konsumen yang loyal, untuk mengambil data retail, sekaligus menghilangkan ketergantungan pada loyalty card atau Android apps," kata Alvin Prayuda, salah satu tim Smart Donkey dalam keterangannya, Kamis (23/8/2018).

Ia menyebut, membawa banyak kartu loyalti merupakan masalah yang cukup menjengkelkan bagi konsumen. Seperti membuat dompet penuh, kalau mau dapat poin harus bawa kartu, atau memperlihatkan aplikasi di smartphone, dan sebagainya.

"Dengan mengadaptasi facial recognition, kami mampu menghapus halangan tersebut. Konsumen tidak perlu menunjukkan kartu atau apps di smartphone, tapi informasi poin-poinnya sudah ada, cukup dengan memfoto bagian transaksi atau point of sales-nya," kata Alvin menjelaskan.

Untuk mengembangkan aplikasi SITI tersebut, tim Smart Donkey memanfaatkan teknologi Amazon Recognition, AWS Lambda, Amazon Simple Storage Service (S3), Amazon DynamoDB, Amazon SageMaker, dan Amazon Kinesis Data Streams.

"Kami menilai layanan AWS cukup mudah digunakan. Mungkin terkesan kompleks untuk developer yang belum pernah menggunakan AWS. Namun ke depannya, lumayan mudah untuk diadopsi oleh startup-startup seperti kami," kata Alvin.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3626105/siti-aplikasi-buatan-pengembang-lokal-untuk-solusi-smart-retail

Bagikan Berita Ini

0 Response to "SITI, Aplikasi Buatan Pengembang Lokal untuk Solusi Smart Retail"

Post a Comment

Powered by Blogger.