Search

Apa Beda Gerhana Bulan Total Terlama dengan Super Blue Blood Moon?

Adapun Super Blue Blood Moon merupakan gabungan tiga fase gerhana Bulan yang berbeda-beda. Ada tiga fenomena Gerhana Bulan yang terjadi bersamaan, mulai dari Blue Moon, Blood Moon, hingga Supermoon. NASA menyebut fenomena ini dengan julukan "Super Blue Blood Moon".

Ketiganya akan bergabung dalam satu peristiwa paling langka yang tidak pernah terjadi dalam kurun waktu 150 tahun terakhir.

Menurut informasi yang dilansir Forbes, Selasa (30/1/2018), Gerhana Bulan spesial ini berlangsung pada 17.49 WIB dan memasuki fase Gerhana Total pada 19.51 WIB.

Puncak gerhana berlangsung pada pukul 20.29 WIB dan berakhir pada pukul 21.08 WIB.

Saat Super Blue Blood Moon berlangsung, ilmuwan mengungkap suhu daratan di Bumi akan menjadi dingin. Perubahan temperatur tersebut ternyata juga akan terjadi di Bulan.

"Saat Gerhana Bulan, temperatur akan berubah drastis. Seolah-olah, Bulan keluar dari oven dan berubah menjadi dingin hanya dalam waktu beberapa jam kemudian," kata Noah Petro, ahli geologi planet dari NASA.

Pada fenomena tersebut, NASA juga akan meneliti perubahan temperatur dari beberapa sisi permukaan Bulan, termasuk meneliti bagian Bulan diselimuti debu hingga 60 kilometer yang disebut Reiner Gamma.

Let's block ads! (Why?)

https://www.liputan6.com/tekno/read/3601818/apa-beda-gerhana-bulan-total-terlama-dengan-super-blue-blood-moon

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Apa Beda Gerhana Bulan Total Terlama dengan Super Blue Blood Moon?"

Post a Comment

Powered by Blogger.