Jakarta, Selular.ID – Seiring dengan ekspansi jaringan 4G oleh operator, penggunaan layanan data terus meningkat di masyarakat. Momen lebaran adalah salah satu indikator, layanan berbasis mobile internet ini sudah menjadi tren. Semua operator baik Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL Axiata dan Tri, mengalami lonjakan data yang signifikan.
Peningkatan trafik data ini sejalan dengan tren penggunaan social media di masyarakat, terutama aktifitas komunikasi menggunakan berbagai aplikasi dalam berkomunikasi dan bersilaturahmi selama masa Lebaran.
Tercatat selama lebaran 2017, Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data lebih dari 136% menembus angka lebih dari 6.000 TB (Terabyte) di hari Lebaran. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan dengan trafik data di periode yang sama di tahun 2016.
Jika dibandingkan dengan hari normal selama 2017, layanan ini juga mengalami kenaikan lebih dari 27%. Penggunaan layanan data ini paling banyak dimanfaatkan oleh pelanggan untuk mengakses media sosial (36%), disusul layanan video streaming (29%).
Peningkatan trafik layanan data terlihat paling tinggi terjadi di daerah-daerah tujuan mudik. Wilayah Sumatera mengalami peningkatan penggunaan layanan data hingga lebih dari 36%, sementara wilayah Jawa Bali (diantaranya meliputi Jawa Tengah, DI Yogyakarta, dan Jawa Timur) mencapai lebih dari 32% jika dibandingkan dengan hari normal 2017.
Namun secara umum, trafik layanan data tertinggi berada di wilayah Jabotabek Jabar menembus angka lebih dari 1.700 TB (Terabyte), disusul dengan area Jawa Bali yang mengkonsumsi lebih dari 1.645 TB (Terabyte).
Begitu pun dengan Indosat Ooredoo. Trafik layanan data meningkat sebesar 113.60% dibanding trafik data di hari Lebaran tahun 2016, menjadi sekitar 2813.18 Terabyte/hari. Bila dibandingkan dengan trafik harian reguler, trafik data pada hari Lebaran meningkat sebesar 39.52%.
Peningkatan trafik data tertinggi selama masa mudik Lebaran 2017 terjadi pada hari puncak mudik Lebaran atau H-3 Lebaran, dimana trafik data di hari H-3 Lebaran meningkat menjadi sekitar 3102.10 Terabyte/hari, atau naik 53.85% dibandingkan trafik data reguler pada hari biasa.
Operator terbesar ketiga di Indonesia, XL Axiata juga mencatat kenaikan trafik layanan data di hari Lebaran 2017. Dalam periode 20-27 Juni 2017 atau H-5 hingga H+2 Lebaran, tercatat terjadi kenaikan trafik layanan Data hingga 15% dibandingkan hari-hari biasa, serta meningkat 218% dibandingkan trafik di periode yang sama tahun lalu.
Trafik Data selama periode H-5 hingga H+2 tercatat total lebih dari 4020 TB, meningkat dari rata-rata trafik data di hari-hari biasa sebesar 3.600 TB. Akses ke sejumlah media sosial popular memang meningkat dibandingkan trafik akses pada hari biasa. Trafik akses ke Facebook tertinggi meningkat lebih dari 50%, Instagram lebih dari 20%, serta YouTube lebih dari 17%. Kenaikan dipicu oleh kebutuhan pelanggan untuk berbagi informasi dan pengalaman menjalani aktivitas seputar merayakan Lebaran.
Sementara itu, kenaikan trafik juga terjadi pada akses ke layanan Google seperti Google Map dan aplikasi penunjuk rute jalan dan kepadatan lalu lintas Waze hingga mencapai lebih dari 135%. Kenaikan akses ke kedua layanan tersebut seiring dengan melonjaknya kebutuhan pelanggan atas informasi rute dan kondisi lalu lintas saat menuju kampung halaman dan lokasi-lokasi wisata di luar Jabodetabek.
Lonjakan layanan data juga dialami oleh Tri mencatat kenaikan signfikan di momen Lebaran 2017. Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, Tri mencatat peningkatan hampir 200 persen.
Sesuai dengan profil pelanggan Tri yang 70 hingga 80 persen adalah usia milenial dengan konsumsi layanan data yang tinggi, layanan data mendominasi lonjakan trafik data selama hari besar nasional ini dengan success rate hampir 100 persen.
Peningkatan penggunaan streaming video melalui YouTube meningkat hampir 60 persen dibandingkan hari biasa. Sementara aplikasi sosial media didominasi oleh penggunaan Instagram meningkat hampir 70 persen.
Penyampaian pesan melalui WhatsApp dan fitur Line Call mendominasi peningkatan trafik di layanan OTT. Penggunaan WhatsApp meningkat lebih dari 80 persen dan fitur call melalui aplikasi meningkat utamanya didominasi oleh Line Call yang meningkat 60 persen.
URL: http://ift.tt/2t0Rfve
Bagikan Berita Ini
0 Response to "Data dan Fakta Trafik Data Selama Lebaran 2017"
Post a Comment